Tips Memilih Baja Ringan (galvalum) Yang Bagus, Baja ringan adalah suatu material bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk konstruksi atap bangunan, baik itu untuk rumah, gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya.

Tips Memilih Baja Ringan (galvalum) Yang Bagus

Baca Yuk

Baja ringan (galvalum) saat ini telah banyak dipakai sebagai material pengganti kayu atau baja konvensional dalam pembuatan rangka atap.

Meskipun rangka kayu memiliki keunggulan berbeda dibandingkan rangka baja, baja juga memiliki keunggulan, beberapa di antaranya adalah baja ringan dapat didaur ulang.

Atap merupakan elemen penting sebagai pelindung hunian dari cuaca panas dan hujan. Adapun pemasangan atap perlu dipadukan dengan konstruksi rangka sebagai penopangnya. Konstruksi rangka atap tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti kayu, baja atau baja ringan.

Baja ringan pada umumnya terbentuk dari bahan dasar campuran antara seng dan alumunium serta material tambahan lainnya yang kemudian dibentuk sesuai dengan profil yang diinginkan.

Material Baja ringan (galvalum) memiliki banyak kelebihan, terutama pada bobot yang begitu ringan untuk memudahkan proses pemasangan rangka atap, namun sangat kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang akan digunakan.

Penggunaan baja ringan menjadi semakin diminati sekarang ini selain karena keawetannya, baja ringan juga dianggap lebih praktis dari pada pada bahan konstruksi atap lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa Tips Memilih Baja Ringan (galvalum) Yang Bagus, diantaranya yaitu:

1. Pastikan Kualitasnya Bagus

Cara memilih baja ringan yg bagus yaitu  cek kualitasnya dengan cara

  • Nilai ketegangan . Anda bisa melihat nilai ketegangan tarikan memiliki nilai tegangan tarikan 550 Mpa sehingga kokoh untuk menopang berbagai jenis atap.
  • Nilai SAE  Bila ketegangannya punya nilai sebesar 550 Mpa maka kualitasnya bagus karena dapat menopang berbagai macam jenis penutupnya. Dan patokannya ialah material dengan SAR Grade 980 punya uji kualitas baik.
  • Lapisan anti karat Beberapa jenis di pasaran ada yang menggunakan lapisan alumunium zinc (galvalum) dan zinc (galvanis).

2.Pilih Produk Bergaransi

Ciri produk berkualitas adalah memiliki garansi. Jadi anda akan mendapatkan produk berkualitas bagus. Jika ternyata ada kerusakan tidak perlu khawatir karena ada jaminan garansi tersebut.

3.Sesuaikan model atapnya

Kelebihan dalam menggunakan baja ringan yaitu  bisa disesuaikan dengan bentuk atap model apapun. Oleh karena itu dalam memilih baja ringan jangan sampai asal memilih. Sebaiknya sesuaikan juga dengan beban di atasnya. Sebab, ada beberapa jenis produk yang punya kekuatan berbeda sesuai beban yang akan diletakkan di atasnya. Untuk memasangnya, sebaiknya bikin jarak cukup rapat. Tujuannya adalah agar dapat menopang dengan kuat dan aturan umum kerenggangannya yairtu sekitar 150 cm.

4.Pilih sesuai dengan jenis penutup atap

Pilih baja ringan sesuai dengan penutup atap, karena tidak selalu konstruksi material ini menggunakan penutup dari bahan logam. Karena dapat disesuaikan dengan keinginan. Bila penutup atap yang digunakan memiliki bobot berat seperti  genteng, keramik, asbes, kaca dan beton. Maka pilihlah baja ringan berkekuatan paling bagus.

5.Cek Sistem Penguatnya

Material baja ringan sangat fleksibel karena mudah di sesuaikan dengan berbagai macam bentuk atap, karena bentuk baja ringan yang tipis di bandingkan dengan bahan lainnya.

Namun demikian, baja ringan memiliki kekuatan yang bagus karena baja ringan kokoh untuk menopang beban. Jika pemasangan kurang tepat maka baja ringan bisa melengkung atau roboh oleh karena itu untuk mengurangi risiko kerusakan maka diperlukan tiang penyangga yang memadai.

6.Pilih Jenis Prefabrikasi

Jenis Prefabrikasi merupakan sebuah metode pemasangan baja ringan yang sudah dipotong-potong di pabrik. Dengan begitu, pemasangan akan lebih efisien. Pengukuran dan pemotongan yang dilakukan di pabrik lebih tepat dibandingkan melalui cara manual. Hasilnya pun dijamin lebih rapi dan kuat.

Agar bangunan tidak mudah roboh, maka cara pemasangan baja ringan yang baik yaitu  perlu memperhatikan perencanaan, pemasangan dan juga kualitas baja ringan yang Anda pilih. Demikian artikel tentang Tips Memilih Baja Ringan (galvalum) Yang Bagus, semoga dapat bermanfaat.

PT. HAS Hanlex Asia Semesta adalah perusahaan trading, supplier dan distributor Coil Galvalume Gresik berpengalaman untuk pasar domestik Indonesia, yang saat ini fokus pada produk besi baja berupa coil sebagai bahan baku rangka atap dan bangunan pada konstruksi properti di Indonesia.

PT. Hanlex Asia Semesta adalah supplier – distributor coil galvalume untuk industri baja ringan dengan berbagai ukuran dan jenis serta dari berbagai merk baik produksi dalam maupun luar negeri. Kami juga sebagai supplier Coil Galvalume untuk berbagai wilayah  di seluruh Indonesia.

Bagi para pengusaha bisnis baja ringan, dan sudah mempunyai mesin baja ringan, kami siap membantu anda untuk mensuplai bahan bau baja ringan yaitu Coil Galvalume Gresik di wilayah Gresik dan sekitarnya. Ukuran produk kami sangat variatif sesuai kebutuhan anda.

Banyak dari klien kami dari industri baja ringan yang puas dan selalu repeat order ke kami untuk kebutuhan bajan baku bagi pabriknya. Klien kami tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Phone / WA / SMS :

Agung : +6287824591024
Frenddy : +6285262899524
Alex : +628118200309
Hendry Zaputra : +6285216011122

https://linktr.ee/hanlex

Tips Memilih Baja Ringan (galvalum) Yang Bagus

Baca Yuk