Jenis Pondasi Rumah Kategori Dalam. Pondasi rumah merupakan suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menahan berat beban semua bagian yang berada di atasnya serta. Pondasi rumah ada pada bangunan apa pun karena perannya yang vital.

Jenis Pondasi Rumah Kategori Dalam

Baik tidaknya pondasi rumah juga memastikan sebuah bangunan apakah ia dapat bertahan lama dan kuat menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Jenis pondasi rumah dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu jenis pondasi dangkal dan jenis pondasi dalam. Masing-masing kategori tersebut pun memiliki berbagai jenis pondasi lagi dengan kelebihan yang berbeda-beda.

1. Jenis Pondasi Rumah Tiang Pancang

Pondasi Rumah Tiang Pancangpinterest.com

Jenis pondasi rumah tiang pancang adalah suatu konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Kelebihan dari jenis pondasi rumah tiang pancang adalah kita akan mendapatkan mutu beton terjamin karena dibuat dengan sistem pabrikasi. Kemudian bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras yang tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga leatan pada sekeliling tiang.

2. Jenis Pondasi Rumah Bore Pile

jenis pondasi bore pile atau caissonsyoutube.com

Jenis pondasi rumah bore pile ini dikenal juga dengan nama caissons. Jenis pondasi rumah ini biasanya dibangun di dalam permukaan tanah dengan cara membuat lubang menggunakan bor, kemudian pondasi dimasukkan sampai ke kedalaman tanah yang dibutuhkan.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah bore pile ini adalah dapat menahan beban struktur dalam melawan gaya angkat. Selain itu, jenis pondasi ini juga dapat membantu struktur bagian dalam untuk melawan kekuatan gaya lateral.

3. Jenis Pondasi Rumah Piers

jenis pondasi piers atau dinding diafragmapinterest.com

Jenis pondasi rumah piers merupakan jenis pondasi yang memiliki fungsi untuk meneruskan beban berat struktural pada suatu bangunan. Hal ini dilakukan dengan cara menggali tanah sampai dalam, kemudian barulah jenis pondasi piers ini dipasang ke dalam tanah yang sudah digali tersebut.

Jenis pondasi rumah piers ini biasanya dibuat menggunakan beton bertulang pre cast yang membuat aturan perencanaan jenis pondasi piers terhadap balok beton diafragma harus mengikuti setiap ukuran ketinggian pondasi yang direncanakan. Untuk keunggulannya, jenis pondasi rumah piers ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis pondasi rumah menerus.

Read previous post:
baja ringan
Apakah Rangka Baja Ringan Bisa Membuat Kesetrum?

Close